Kesalahan Bisa Mengubah Segalanya


Hidup itu keras. Tidak mudah untuk menjalaninya. Masalah demi masalah muncul satu per satu yang tak pernah bisa hilang dari kehidupan kita. Berbagai masalah dari berbagai macam kesalahan manusia, kekhilafan manusia, hingga sampai pada ketidaksadaran manusia melakukan kesalahan. Semua adalah kehidupan. Tak ada yang bisa sempurna. Dan dari kesalahan tersebut, kita bisa mengambil banyak pelajaran, dan menjadikannya sebagai pembelajaran yang berarti. Pengalaman menjadikan kita belajar untuk menjadi yang lebih baik.

Terkadang ada orang yang bisa memaafkan kesalahan yang kita telah perbuat walaupun kesalahan yang kita lakukan bisa dianggap sebagai kesalahan yang ringan, akan tetapi terkadang ada juga yang tidak bisa memaafkan kesalahan kita walaupun kalau bisa ditimbang, tergolong kesalahan yang ringan. Namun, kesalahan itu sifatnya relative, tergantung pandangan orang, karena orang memiliki penilaian yang berbeda – beda terhadap sesuatu hal.

Masalah itu selalu ada solusi dan resiko. Kesalahan pun demikian. Ada resiko yang harus ditanggung. Yah. Seperti itu. Berani berbuat berani bertanggung jawab. Harapan untuk kembali ke kondisi normal mungkin tak akan ada lagi. Semuanya berubah. Hanya karena sebuah kesalahan kecil (menurut saya pribadi).

Ternyata kesalahan yang kita anggap Cuma sekecil saja, bisa berbeda di mata orang lain. Dan bahkan bisa mengubah segalanya.

Advertisements

4 thoughts on “Kesalahan Bisa Mengubah Segalanya

  1. halo ning,

    kunjungan balik nih…

    btw buku intro to language bisa dicari di perpus kampus…cuma buku yg religion of java saya blm dpt smp sekarang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s