Lebaran’s Eve 1431 H & ‘Lapa-Lapa’


Gema takbir berkumandang di mana saja… Waahh, lebaran… lebaran. Asyik. Asyik. Alhamdulillah. Saatnya menuju hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh. Mantap deh.

Kayaknya orang rumah udah pada siap semua niyh. Bikin kue, udah. Bersih-bersih rumah juga, sudah. Ahahayy,, makanan untuk besok… pastinya ada ayam ayam ayam buatan mama. ^^ *sruuppp… Laper juga niyh ngebahas makanan. Ngomong-ngomong masalah makanan, inget Om gw, Om Ony yang rekomendasiin untuk nulis tentang ‘Lapa-Lapa’. Walaupun mungkin tentang hal ini gak terlalu mendetail kalau dibahas. Maklum. Yang nulis masih awam. Hehehe… *belagak innocent… :p

Lapa-Lapa

Lapa-lapa itu sejenis makanan yang sodaraan sama ketupat dan buras. Tapi bedanya, dia makenya beras ketan plus santan kelapa. Salah satu makanan khas orang Buton. Kenapa makanan itu disebut lapa-lapa, itu juga gw belum tahu. Nanti deh kalau sudah didapat jawabannya, pasti akan dimuat di postingan ini. Ok. Ok?

Setiap ada hari perayaan kayak Lebaran gini pasti selalu ada tuh lapa-lapa. Kalau kulit ketupat kan dari janur kelapa. Naahh, kalau lapa-lapa, sama juga. Kulitnya dari janur kelapa tapi dilapisi dengan daun pisang. Mau lihat bentuknya seperti apa? Daripada penasaran. Cekidot.

Lega rasanyaaa, persiapan lebaran udah pada beres semuanya. Sekitar 98% lah. Jadinya, ortu ngajakin anak-anaknya nonton takbiran (9 sept.’10). Uhuyyy. Akhirnya bisa juga nonton takbiran sama keluarga di rumah kakek. Ternyata malam lebaran serasa malam tahun baru euy. Fireworks ada di mana-mana. Hehhehe… Rammmeeee….  Aduuuhh, indahnyaa…

Hmmm… Takbirannya lumayan ramelah. Banyak yang ikut berpartisipasi. Ada dari Dinas Perhubungan, Kementrian Agama Kota Bau-Bau, Mesjid Nurul Jihad, dll. Yah, hampir sebagian masyarakat Kota Bau-Bau turut berperan, utamanya anak-anak mudanya yang tepatnya berada pada barisan paling bontot. Biasaaa… Mereka naek motor, trus ngebut-ngebutan gitu. Ckckck… *Mudah-mudahan lo semua gak kenapa-kenapa. Udh mau lebaran ces. Jangan ngebut-ngebutan. Nyawa cuman satu euy.

Sesudah nonton takbiran, gak lama kemudian ortu ngajak go home. Ya udah. Pulang. Maunya pengen jalan-jalan lagi. Ke manaaa gituuu… Tapi, berhubung kita sebagai anak yang patuh dan penurut ma ortu *sok banget. Hahahayyy… so, pulang deh… Alhamdulillah, selamat tanpa lecet. Hehehe.

Kayaknyaa Lebaran’s Eve kali ini cukup mengesankan *sedikit. Waduhh… bapres lagi niyh yang nulis.

Anyway, teman-teman, met lebaran 1431 H/2010 M yah. Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s