Internet Sehat Bikin Hebat


Dekade ini interconnected-networking alias internet sudah menjadi hal yang tidak asing lagi untuk didengar. Penggunaannya pun sudah mengglobal dan tidak mengenal umur, dari anak kecil, remaja, hingga orang tua sudah tahu apa itu internet, bagaimana cara berinternet dan apa manfaat dari internet itu sendiri.

Well, bisa dibilang, internet merupakan salah satu kemajuan teknologi yang paling mutakhir di abad 20 hingga abad 21 ini, yang paling berpengaruh bagi masyarakat global di dunia. Iya kan? Sampai-sampai membuat dunia semakin kecil dan tak terbatas.

Beragam informasi bisa kita dapatkan dari internet itu sendiri. Alhasil, internet membuat kita kebanjiran informasi. Wow, excited! Apalagi informasi yang ada di internet itu bersifat unlimited edition, up to date, bahkan informasi yang jadul pun ada di internet. Yang sifatnya positiflah, yang negatiflah. Semuanya serba ada, cepat saji pula. Tinggal ketik keywordnya di paman Google (salah satu search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet), beberapa detik kemudian muncullah apa yang hendak kita cari. Luar biasa!

Anyway, berbicara tentang internet sehat bikin hebat, menurut pemikiran gue, itu maksudnya kalau dalam berinternet kita mesti bisa mengendalikan diri kita untuk gak ‘belok kanan, belok kiri’ dalam artian tidak membuka situs-situs yang tidak penting buat diri pribadi, sehingga kita bisa memaksimalkan waktu yang kita miliki untuk meningkatkan kualitas yang ada di dalam diri kita masing-masing. Waktu itu berharga lho, kawan-kawan! Kalau pelajar bilangnya time is knowledge, tapi businessman bilangnya time is money.

Secara tidak langsung, internet telah menjadi teman keseharian kita. Kalau gak ada kerjaan, selalu arahnya ke internet. ‘Mau OL dulu ah!’, *salah satu kalimat yang sering dilontarkan  oleh teman-teman gue atau bahkan gue sendiri. Ini bukti nyata, kawan-kawan! Betapa internet telah mengalihkan dunia kita semua.😀 Beragam informasi yang kita dapatkan lewat internet bisa mempengaruhi kehidupan kita. So, ada baiknya kalau kita berinternet, mendingan jangan buka situs-situs yang gak bertanggung jawab deh. Contohnya saja, situs porno. Utamanya pada anak-anak yang under age dan tanpa pengawasan dari orang tua. Bisa bahaya niyh! Padahal, masih banyak situs-situs yang lebih bermanfaat buat kita semua kok. Misalnya saja, bagi kamu yang mau coba asyiknya nge-blog, kamu bisa ke blogdetik, wordpress, blogspot, dan lain-lain untuk membuat blog kamu sendiri. Yang mau belajar English Online, klik aja di BBC Learning English, VOA Learning English, Englishclub.com dan masih banyak situs lain yang berhubungan dengan Learning English Online.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari berinternet sehat seperti tadi, daripada kita harus membuka situs-situs yang gak jelas tujuan dan manfaatnya. Yang cuma bisa membuang waktu kita dengan percuma tanpa adanya hal yang berarti yang kita dapatkan. Merasa rugi gak tuh? Gue punya contoh. *mulai narsis lagi niyh yang nulis. Dulu, gue gak tahu apa-apa tentang Photoshop. Kebetulan lihat foto-foto editan kakak kelas gue yang TOP BGT di Facebook, semakin menambah hasrat gue untuk belajar Photoshop. Sayang, gue gak punya buku ataupun kaset tutorialnya. Satu-satunya cara, gue cari materi-materi tentang Photoshop lewat internet. Dari situ, gue belajar, belajar dan belajar. Eh, tahu-tahunya bisa. Ya, walaupun editan foto gue belum terlalu perfect. Tapi, setidaknya ada perubahan. Dari tak tahu menjadi tahu menggunakan Photoshop. Nggak nyangka teman-teman gue suka dengan editan foto yang gue buat. Jadinya, tiap ada foto baru mereka, selalu sasarannya gue, “Ning, tolong editkan foto gue dong!”. Gue siyh senyum-senyum aja dan itu gue anggap sebagai salah satu keahlian yang gue miliki dari berinternet. Gak sia-sia gue OL tiap hari untuk belajar Photoshop.

Sebetulnya masih banyak contoh yang dapat kita temukan dari asyiknya berinternet sehat. Dan statement Internet Sehat Bikin Hebat itu betul sekali. Mulai sekarang deh, kamu yang masih merasa kurang paham atau masih perlu belajar tentang sesuatu hal ‘yang sifatnya positif’, ada baiknya menghabiskan waktu dengan berinternet untuk mencari tahu lebih detil lagi tentang hal tersebut, ketimbang kamu mesti surfing di situs-situs yang gak jelas, yang hanya akan membuat kamu tidak berkembang sama sekali, yang hanya bisa menjadikan kamu sebagai manusia yang tidak kompeten dan tidak berkualitas. Untuk hidup di dunia sekarang ini, kita harus bisa bersaing. Tidak bisa bersaing, kita tidak bisa bertahan hidup. So, pilih mana? Internet Sehat Bikin Hebat atau Internet Sakit Bikin Down?

 

19 thoughts on “Internet Sehat Bikin Hebat

  1. tolong editkan foto gue juga dong! Heheh just kidd
    Hmmm…tulisannya menarik, banyak pesan yang saya dapatkan
    1 Tidak belok belok dalam tanda petik
    2 Manfaatkan internet untuk meningkatkan kualitas hidup
    3 Waktu adalah knowledge:)

  2. Duh banyak pranala balik yang merujuk ke situs yang sama, ini kan malah black hat SEO & bukannya internet yang sehat🙂 hayoo…, gimana sih internet sehat itu?

      1. Kalau backlink sama dan terlalu banyak, itu dimasukkan kategori spam, terutama upaya spam pada mesin telusur seperti Google🙂.

  3. Benar sekali, pengendalian diri sangat perlu🙂 . Juga memaksimalkan waktu berinternet untuk meningkatkan kualitas hidup, tentu dengan hal-hal positif🙂 . Tulisan yang bagus😀 . Silahkan singgah di blog saya. Terima kasih

    Salam blogger

  4. gaul banget sih… cropping deh untuk kata kata ini “Tidak bisa bersaing, kita tidak bisa bertahan hidup”. mantap…rada2 wild tapi okee….

    back visit ke blackcoffee.blogdetik.com yaa…

  5. emmm…justru harus belok kanan dan belok kiri dalam menggunakan internet untuk mendapatkan berbagai informasi di internet, belajar dan sebagai manusia pembelajar……..

    hehhe…

    nice inpo gan…

    blogwalking ya…

  6. semua akan tetap sehat asal dikelola dengan semangat positif kawan
    yang jelas, internet sakit bikin pailit

    *sukses untuk kompetisinya sobat, mari saling mendukung sebagai bukti semangat kita berinternet sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s