Materi Kuliah Bahasa Indonesia [Semester III, UNIDAYAN]


Well. Tadi kan mata kuliah Bahasa Indonesia. Sebenarnya udah selesai MID. Tapi, karena ada sesuatu hal, kita mesti MID ulang minggu depan. Dan materinya adalah BAB I dan BAB II. Ini ada sedikit catatan-catatan Ning yang mungkin bisa ngebantu teman-teman yang gak punya catatan.

For BAB I.

Penggunaan bahasa Indonesia itu bisa dianggap mudah dan susah. Mengapa demikian?

Bahasa Indonesia dianggap mudah karena bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa ibu, bahasa sehari-hari orang Indonesia. Sementara itu, bahasa Indonesia dianggap susah karena jika bahasa Indonesia digunakan dalam konteks tulisan, tidak semua orang bisa menggunakannya. Ada aturan-aturan tertentu dalam bahasa Indonesia yang harus diketahui/dipatuhi penggunaanya ketika bahasa Indonesia digunakan dalam tulisan. *kira-kira seperti itu maksudnya. Bagi yang mau perbaiki maknanya, tolong dicomment ya. Amburadul niyh Niningnya.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

– Maksud dari ‘Bahasa Indonesia yang baik’ adalah bahasa Indonesia yang mudah dimengerti oleh lawan pembicara dan berdasarkan situasi pemakaiannya.

– Maksud dari ‘Bahasa Indonesia yang benar’ adalah bahasa Indonesia yang berdasarkan Kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Misalnya gini. Kalau kita lagi ada di pasar, gak mungkin donk kita bilang, “Berapa harga bayamnya, Bu?” Formal banget [Kalimat ini termasuk contoh dari Bahasa Indonesia yang benar]. Rasanya lucu euy. Nah kalo kayak seperti ini, “Bayamnya berapa, Bu?” Memang siyh gak sesuai EYD, tapi kan mudah dimengerti oleh lawan bicara kita, dibandingkan kalimat pertama [Contoh kalimat dari Bahasa Indonesia yang baik].

So, Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang mudah dipahami, dimengerti oleh lawan bicara serta disesuaikan dengan situasi pemakaiannya berdasarkan kaidah EYD.

Untuk selanjutnya, BAB II. Ditunggu aja postingan berikutnya. Sekian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s