Aristocrat Mask


Aristocrat Mask

Sewaktu Ning jadi translator untuk mahasiswa-mahasiswa Kyungpook National University (KNU), Korea pada bulan Juli kemarin (2010). Ning sempat dikasih kalung Aristocrat Mask sama Shubin. 🙂 Bukan cuma Ning yang dapat kalung kayak begituan lho. Tapi, anak-anak SMANSA Baubau juga. Gak semua siswa sih. Hanya beberapa saja karena berhasil menjawab pertanyaan ataupun tantangan game yang diberikan mahasiswa Korea tersebut. Kita di SMAN 1 ngajar selama 2 minggu. Udah ada artikel sebelumnya tentang info kedatangan Mahasiswa KNU ke Baubau, silahkan dibaca aja di sini dan ada juga ini.

Sekarang kita kembali topik yang sebenarnya. Jadi gini. Ning penasaran arti dari Aristocrat Mask yang ada di kalung itu. Setelah cari dan mencari sama Om Gugel, Ning susun, susun dan susun pernyataannya dan inilah arti dari Aristocrat Mask itu.

Gambar yang di atas itu namanya Yangban Tal (Topeng Bangsawan/Aristocrat Mask). Yangban Tal merupakan salah satu topeng dari 13 jenis topeng yang ada di Desa Hahoe, Korea Selatan. Perlu diketahui bahwa Hahoe Masks sendiri telah dijadikan sebagai National Treasure No. 121.

Penduduk desa Hahoe telah membuat topeng-topeng ini sejak 800 tahun yang lalu. Topeng-topeng ini digunakan untuk pertunjukan Mask Dance yang diyakini sebagai pencegahan terhadap penyakit. Festival Mask Dance sendiri diadakan setiap akhir bulan September tiap tahunnya di desa Hahoe.

Topeng Yangban Tal ini dipercayakan untuk mewakili nilai artistik yang paling tinggi dari Hahoe Mask. Topeng ini menggambarkan wajah manusia sebagai karakter yang gembira. Wajahnya yang lonjong dan memiliki senyum yang ekspresif memperlihatkan kemurahan hatinya dan kepuasan diri. Jika performer terlihat tegak, wajahnya nampak ceria dan tersenyum; jika performer terlihat menunduk, berarti ada kemarahan, ditandai dengan mulut yang tertutup.

Sumber:

http://www.hahoetal.com

http://asianhistory.about.com

Advertisements

2 thoughts on “Aristocrat Mask

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s