Indonesia, Anarkisme dalam Kedamaian


Hedewww…
Udah beberapa hari ini, Ning absen dari posting-memposting. Maklum, soalnya laptop Ning lagi rusak. Untungan ada WP gadget. Jadi, bisa posting kapan aja via Mobile Phone. 🙂

Mmm… Akhir-akhir ini Indonesia lagi asyik maen rusuh-rusuhan antar sesama. Anarkisme.

Bayangin, Indonesia yang dikenal dengan kedamaiannya, ketenangannya, keramahannya, ketoleransian antar umat beragama yang begitu tinggi, dan sebagainya dengan mudahnya memudar karena kerusuhan dan kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini. Misalnya aja nih, kerusuhan di Temanggung; di Bima, NTB, tanggal 10 Januari 2011, terus ada juga di Medan, Sumut, tanggal 11 Januari 2011. Pembunuhan, penganiayaan, penikaman, dan pembakaran bangunan-bangunan udah menjadi syarat dari kerusuhan-kerusuhan yang gak jelas itu. Jadi ngeri lihat kejadian-kejadian yang kayak gituan. Aparat keamanan dan pemerintah? Seperti yang kita lihat di tv-tv. Di sini, Ning nda mau banyak komentar. Mallaasss…

Memang sih, beberapa hari ini, di berbagai tv swasta tuh selalu ditayangin berita-berita tentang kerusuhan-kerusuhan yang terjadi di negeri Indonesia, tapi Ning cuma lewat-lewatin aja. Cuek. Iya. Karena malas melihat semua tindak-tanduk sebagian rakyat Indonesia yang udah agak gak mengenal budayanya, alias adat ketimuran yang luhur, yang sopan, yang ramah, udah berubah menjadi orang yang pemarah. Imej itu mungkin bisa saja langsung tertanam di mata orang-orang kalau rakyat Indonesia adalah rakyat pemarah. Iya. Rakyat pemarah. Tentunya imej ini terbentuk karena adanya kerusuhan-kerusuhan yang terjadi, yang mewarnai Januari tahun ini. Gak bisa kita salahkan tentang hal ini. Toh ini adalah fakta. Fakta yang gak dibuat-buat. Yang mencerminkan keadaan Indonesia sekarang. Miris!!!

Well, kita sebagai salah satu jutaan umat Indonesia yang masih muda, alias istilah kerennya nih Young Generationnya Indonesia (*cieeehhh, gaya banget lo, Ning) musti sadar. SADAR dan SADAR akan masalah, situasi dan kondisi yang pelik di negeri ini. Yang hampir bisa mengaburkan identitas negeri Indonesia yang bermartabat ini. Sayang banget… TT
Jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang bisa menimbulkan kekacauan dari orang-orang yang gak bisa bertanggung jawab. Tuh emosi MARAH ada baiknya dipendam-pendam dulu gih. Ditahan sedikiiiiiittt aja. Jangan meletup-letup. Sayang kan. Nanti keadaannya malah jadi rusuh lagi.
Indonesia. Indonesia. So tragic!!!

Ning turut prihatin atas kondisi bangsa Indonesia kali ini.
Udah mulai gak mengenal kedamaian yah?
Udah gak peduli lagi antar sesama?
Udah gak bisa bertoleransi?
Sejak kapan budaya yang kayak begituan mulai mendarah daging?
Ckckck…
Gak pernah bisa dibayangin. Indonesia berubah yah? *prok…prok…prok… Hebat. Hebat. Tingkatkan aja terus. Sampai Indonesia menjadi hilang identitas dirinya sebagai bangsa yang memegang teguh adat ketimuran.

Terakhir, mungkin apa yang udah Ning tulis ini gak punya pengaruh apa-apa. But, setidaknya Ning bisa menyalurkan apa yang ada di pikiran Ning tentang Indonesia yang sekarang, walaupun gak terlalu dalem.

Indonesia, I love you. But, don’t make me bored of your attitude lest I hate you. Hehehe…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s