Bangga Menjadi Anak Bangsa dengan COMPFEST 2011


Tema     : Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional

Judul     : Bangga Menjadi Anak Bangsa dengan COMPFEST 2011

Indonesia adalah negara tercinta saya, negara dengan beribu-ribu pulaunya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusianya (SDM) yang berjumlah 237.556.363 jiwa (berdasarkan sensus penduduk 2010). Bukankah ini suatu hal yang menakjubkan?

Karena banyaknya penduduk Indonesia pasti banyak pula anak bangsa yang ada di negeri ini. Anak bangsa yang membawa kreativitas dan inovasi tersendiri untuk kemajuan bangsanya. Namun, ‘catatan gelap’ tentang anak Indonesia karena narkoba dan pergaulan bebasnya harus turut mewarnai kualitas anak bangsa di negeri ini. Prihatin? Iya, khususnya bagi saya sendiri. Ketika kita yang seharusnya menjadi generasi muda yang penuh dengan semangat tinggi untuk menciptakan Indonesia yang mandiri, Indonesia yang maju, Indonesia yang kreatif dan Indonesia yang penuh inovasi harus terpuruk dalam kegelapan masa depan yang suram.

Hal tersebut tentu saja bukan merupakan suatu kendala besar bagi kita sebagai anak bangsa untuk tidak mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia. Justru sebaliknya, ini merupakan suatu dorongan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita tidak selamanya ‘hitam’. Kita itu bisa melakukan hal yang mampu membuat bangga Indonesia. Anak Indonesia itu bisa! Dan keyakinan inilah yang mendorong kita sebagai anak bangsa sehingga mampu menciptakan bangsa yang mandiri, yang mampu berdiri sendiri, tanpa didominasi oleh sifat ketergantungan terhadap pihak asing.

Kita bisa melihat dan menyaksikan secara langsung contoh nyata tentang karya anak bangsa yang kreatif dan penuh inovasi untuk Indonesia. Sebut saja event COMPFEST 2011 (Computer Festival 2011). Merupakan sebuah one stop IT event karya mahasiswa /i Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang diadakan pada tanggal 14-16 Juni 2011 di SMESCO Indonesia, Jakarta. Acara ini akan menampilkan
exhibition, workshop, dan seminar tentang dunia IT saat ini. Atau Anda bisa ke situs www.compfest2011.com untuk informasi lebih jelasnya. Tidak ketinggalan juga berbagai macam kompetisi yang turut diadakan, seperti :

–          Blogging Competition.

Merupakan sebuah kompetisi blog oleh Compfest 2011 bagi para blogger Indonesia yang memiliki minat tinggi dalam dunia tulis-menulis, utamanya dalam media blog. Kompetisi ini diharapkan agar para blogger bisa lebih meningkatkan kemampuan dan minat menulisnya sehingga bisa menghasilkan artikel yang lebih berkualitas. Adapun tema tulisan dalam kompetisi ini yaitu “Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional.”

–          Robotic Competition.

Adalah bukan hanya sebuah kompetisi, akan tetapi merupakan wadah yang memberikan nilai edukasi kepada pelajar SMA tentang robot. Tentunya tanpa biaya pendaftaran. Di dalam kompetisi ini akan menggunakan robot LEGO Mindstrom NXT.

–          Programming Competition.

Merupakan salah satu rangkaian acara Compfest 2011 yang berskala nasional. Kompetisi ini bersifat individu yang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa/i dan siswa/i SMA di Indonesia. Peserta akan melalui babak penyisihan sebelum akhirnya mencapai babak final. Pada setiap babak tersebut terdapat soal-soal pemrograman untuk diselesaikan para peserta secara online (via web). Babak final kompetisi ini digelar pada acara puncak Computer Festival 2011.

–          Game Design Competition.

Merupakan sebuah kompetisi yang meminta peserta untuk membuat sebuah game pada platform mobile Android, yang bertemakan “Inovasi”. Sasaran utama dari kompetisi ini adalah mahasiswa dan developer Android di seluruh Indonesia. Kompetisi ini akan dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap penyisihan yang meliputi proposal dan game jadi dan tahap final yang akan dilaksanakan di SMESCO. Tahap penyisihan, peserta diminta untuk mengirimkan proposal berisi deskripsi dan penjelasan mengenai game yang dibuat beserta game yang telah dibuat.

Keempat jenis kompetisi tersebut hanyalah sebagian kecil dari sebuah inovasi anak bangsa yang mencoba berkarya demi terciptanya Indonesia kreatif, mandiri, dan maju. Dan hal ini harus mendapat dorongan penuh dari berbagai  kalangan masyarakat Indonesia yang peduli akan kemajuan bangsa Indonesia.

Saya adalah salah satu anak bangsa dari sekian banyak anak Indonesia yang turut bangga dan berpartisipasi dalam acara COMPEST 2011 yang diadakan oleh pihak Universitas Indonesia. Bangga karena ternyata masih ada anak-anak Indonesia yang terus memacu dan meningkatkan kualitas diri dengan mengimplementasikannya lewat acara seperti ini, hal yang seharusnya kita lakukan sekarang dan seterusnya. Inilah yang harus kita sebut sebagai Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional . Dengan demikian, mari kita bersama-sama mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia melalui ajang kompetisi COMPEST 2011 ini. Masa depan Indonesia ada di tangan kita, wahai anak bangsa.

Semangat!

Bahan referensi:

www.wikipedia.com

www.compfest2011.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s