Celoteh Kecil di Awal Desember


Alhamdulillah, akhirnya Desember datang lagi. Ya, hari ini adalah awal Desember di akhir tahun 2015. Telah banyak hal yang dilewati untuk tiba di waktu ini. Entah itu sesuatu yang menyenangkan ataupun menyedihkan. Namun, kembali memperbaiki hal-hal yang dirasa kurang untuk sesuatu hal sebelum tiba di saat ini tidaklah mungkin terjadi. Waktu tidak pernah bergerak ke belakang, bukan?šŸ™‚

Saya hanya bisa mengambil pelajaran dari semua hal yang telah dan sedang terjadi untuk kehidupan yang lebih baik ke depannya. “Penglamaan, Pengalaman dan Pengamalan,” tiga hal yang selalu saya ingat ketika salah satu dosen menjelaskan hal tersebut dalam suatu mata kuliah. Berdasarkan tiga kata itu, saya berpendapat bahwa manusia yang dalam kehidupannya, semakin dewasa usianya, maka semakin banyak hal-hal yang ditemui dan semakin banyak masalah yang dihadapi hingga akhirnya mencoba untuk menyelesaikannya, sehingga hal-hal baik yang didapatkan dari pengalaman hidup tersebut dapat diamalkan untuk kebaikan diri sendiri ataupun orang lain. Bukankah manusia hadir untuk memberi manfaat kepada orang lain dan sekitarnya?

DSC_0102 (FILEminimizer)

Dan apapun yang telah terjadi pada diri kita, we must accept it. Ada orang yang menyalahkan orang lain, artinya orang tersebut belum belajar dan belum tahu apa-apa; ada orang yang menyalahkan diri sendiri, artinya orang tersebut masih belajar; dan ada orang yang yang tidak menyalahkan siapa-siapa, artinya orang tersebut telah belajar. Jika diminta memilih, saya mungkin cenderung ke orang tipe kedua, yang menyalahkan diri sendiri. Tapi, semakin ke sini, saya harus belajar memahami. Seperti apa yang dikatakan dosen saya, masalah terjadi karena tidak terjadi penerimaan oleh sutu hal. Kenapa tidak menerima? karena belum memahami. Apa yang kita lakukan di dunia ini, semuanya akan kembali kepada diri kita sendiri dan dipertanggungjawbkan di hadapan Allah. Olehnya itu, kata beliau, di dalam melakukan sesuatu, ada tiga hal yang sekurang-kurangnya harus dilakukan, yaitu 1) luruskan niat ketika ingin melakukan suatu hal, 2) maksimalkan usaha yang kita lakukan, dan 3) bertawakkal kepada Allah.

Berhubung saya ingin pergi kuliah dulu, yah, cukup sekian dulu tulisan ini. Nanti kapan-kapan lagi dilanjutkan. Semoga bermanfaat. Ini juga menjadi bagian pembelajaran dan pengingat untuk diri saya sendiri. Bukan bermaksud menggurui. Terima kasih dosen-dosen hebat saya yang telah menginspirasi. Bukan hanya tentang akademik, namun pelajaran hidup juga Bapak ajarkan. Terima kasih, Pak.

5 thoughts on “Celoteh Kecil di Awal Desember

  1. Saya juga tipe kedua, menyalahkan diri sendiri hehehe. Bener, harus bener-bener meluruskan niat biar apa yang dilakukan nggak memberatkan hati sama sekališŸ™‚

    Hola Kak Ning… lama tak berjumpa hehehe. Semoga masih ingat saya, ya :p

    1. Halo juga sayang…
      Sebenarnya pertama K ning penasaran, ini siapa yang komen, trus ke blognya, eh padahal, Nabila kann???
      Adduuh lama skali nda ketemu.
      Skarang di mana, dek? K ning liat2 medsosx Nabila di Bandung ya?
      Smangat ya, dek. Sring ya ktmu Azis?
      Kangen skali sama kalian, dek. Hihihi…
      Udah jadi anak2 muda yang hebat.
      Smangat slallu, dek. :*

      1. Heheheh tepat sekalii! >.<
        Lamaaaaa sekali mi kakak hehehe sudah bertahun-tahun :p

        Iya, sekarang di Bandung. Masih jarang ketemu ais, soalnya ais di Bandung kota kalau saya di pinggiran kota hehehe. Ayolah sini main jalan-jalan biar kangennya bisa kebayar ;p

        Semangat juga kakak Nining!!!!šŸ˜€

      2. Hehehe, tidak ada bedanya pinggiran sma kotanya, yang jelas di Bandung.
        Iya dek, kalau ada rezeki Kk Ning maen ke sana, nanti calling2 Nabila aja. Hehehe.
        Nabila belajar yang baik yaa. SEMANGAT!!! Enaknya bisa kuliah di Jawa.
        Anyway, Nabila belum slsai kan kuliahnya???

      3. Iya sih kak huehehehehe… tapi lumayan jauh kalau mau ke kota. Okee ditungguu yaaaa hehehe

        Iyaa… kakak Nining juga semangat kuliahnyaa!!! ‘-‘9 Alhamdulillah kak, dari kemarin emang ngebet kuliah di luar sulawesi. Belom kak, ini aja baru masuk hehehe sengaja absen setahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s