Category Archives: Uncategorized

Milea: Suara dari Dilan

21998

โ€œKata Pidi Baiq, perpisahan adalah upacara menyambut hari-hari penuh rindu. Iya, rindu amat teramat sangat. Rindu ada Dilan dan Milea saja. Perpisahan itu, dapat menyedihkan atau bisa jadi menyenangkan. Namun, dari sudut pandang saya, novel ini membuat perpisahan menjadi sesuatu hal yang sangat disayangkan untuk dijadikan sebuah kenyataan yang harus dilewati oleh dua orang tokoh utama, Dilan dan Milea. Perpisahan yang harusnya jangan terjadi.โ€

Novel Milea: Suara dari Dilan ini adalah karya lanjutan Pidi Baiq dari Novel Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1990 dan Dilan, Dia adalah Dilanku Tahun 1991. Jadi, sebelum membaca novel ini, sebaiknya teman-teman membaca Novel Dilan #1 dan #2 terlebih dahulu agar lebih afdol mengetahui alur ceritanya.

Jika dua novel sebelumnya merupakan kisah Dilan dan Milea dari sudut pandang Milea. Maka, novel ini berasal dari sudut pandang Dilan tentang bagaimana pemikiran Dilan terhadap dirinya dan Milea yang berbeda satu sama lain hingga menimbulkan kesimpulan kehidupan mereka yang pada akhirnya membuat saya menangis (lagi) di akhir lembaran cerita novel ini. *Tersentuh, Bang Pidi Baiq. ๐Ÿ˜ฅ

FYI, sekilas dari novel ini. Terdiri dari 20 bab. Hampir semua para tokohnya pun masih sama (kalau tidak salah ingat) seperti kedua novel sebelumnya. Namun, ada sedikit penambahan tokoh baru untuk kisah asmara Dilan dan Milea yang baru. Hmm. Bandung, Jakarta dan Jogja merupakan daerah-daerah yang menjadi latar belakang tempat dalam novel ini.

Milea rindu Dilan. Dilan rindu Milea. Kenapa tidak jadi sih, Bang Pidi Baiq? ๐Ÿ˜ฅ

Bisa dibayangkan kan, merencanakan masa depan bersama orang yang kita pikir dia yang akan bersama-sama menjadi masa depan kita, dan di tengah jalan Tuhan memiliki skenario yang lain. Rasanya tuh JLEBBB bangettt. Tapi, yah namanya manusia, cuma bisa punya planning, Tuhan yang make it into a reality. Dan Dilan menyikapinya dengan bijaksana.
*Ah, novel ini lagi-lagi membuat saya termehek-mehek di tengah sunyi senyapnya gelap.

โ€œKata Dilan: Rasa sedih jika ada, itu harus berbatas untuk memberi peluang munculnya harapan pada hari-hari berikutnya, mengejar impian dan meraih kebahagiaan bersama seseorang yang dapat menghabiskan sisa hidup kita dengannya. โ€ฆ Rasa sedih dan kegagalan tidak selalu berarti kekalahan.โ€ (Pidi Baiq, 2016, p. 356-357)

Sebagai kesimpulannya, novel ini adalah sebuah karya fiksi yang mengingatkan kembali bahwa sebaiknya menghindari suโ€™udzon atau berpikiran negatif terhadap seseorang; ketika mendengar ada hal yang kurang berkenan di hati tentang orang yang kita sayangi, coba tanyakan langsung kepadanya agar tidak terjadi kesalahpahaman, walaupun memang rumit, antara gengsi dan sekedar saling menunggu inisiatif satu sama lain; selalu meminta maaf dan memberi ucapan terima kasih untuk orang yang menyayangi kita; dan selalu ingat, harapan terkadang tidak sesuai kenyataan, bro. Hehehe.

Judul: Milea: Suara dari Dilan
Penulis: Pidi Baiq
Cetakan: I, 2016
Penerbit: Pastel Books
360 hlm.; Ilust.: 20.5 cm
ISBN: 978-602-0851-56-3

My Students in Roebel El-Farooq

After graduation in English Education. Actually, there are many jobs that can be offered to us. Certain people have seen us when we’re still a student. They know our ability. So, don’t be surprised if they call you for doing a good job, like teaching. ๐Ÿ™‚ For still being a student, you should increase your ability more, make your self having a good behavior, and Allah will open His good way for you to get the great future.

05122013(001)Okay. Talking about teaching, besides teaching in campus, I’m also as a teacher in one of courses, namely Roebel El-Farooq at Jalan Kelapa, near the police office. I was contacted by Miss Winda (My senior in campus, sstt, she is great in English ๐Ÿ™‚). And seemingly, the head of that course is my senior in Elementary School in SDN 2 Nganganaumala, her name is Kaka Anggun. How surprised I am. I’ve known her. She is well-known because she is smart. ๐Ÿ™‚

05122013(003)
With one of students, Fifin. ๐Ÿ™‚

I was accepted as an English teacher on November 11th, 2013. I started to teach the students in Teens Corner Class C. I have about 13 students now. First, I felt little stiff because I didn’t know what I could teach them well or not.

But, day by day, I start to enjoy this activity. I like the students. Their laugh, smiles, and behaviors make me more understand how we should teach them as a teenager. They need more love. ๐Ÿ™‚

In teaching, we need more patience to face them. We must understand their willing to play all the time, but we must be smart to manage the class, in order to they can learn English happily. ๐Ÿ™‚

I’m always happy for giving them a smile. But, I give information to my students, you must have self confidence. You believe that you also can do the best such other students. You have a great potency. So, you must study hard. It will be easy when you try to study seriously. Okay?

01122013
Outing Class at BRI Park, 01 Dec. 2013

๐Ÿ™‚ Thanks my great students. I promise, Insya Allah I’ll give the best to teach you in English.

A Poetry in November

Biar waktu yang menghapusnya.
Biar waktu yang melepasnya.
Biar waktu yang bertindak untuk memutuskan mana yang terbaik.
Dengan segala keyakinan bahwa kamu bisa menjadi lebih baik.

Tak usah berharap dengan perasaanmu.
Tak perlu terlalu dimanjakan hatimu.
Semua juga akan berujung pada kesakitan.
Sudah cukup batas kepedihan itu terurai.
Oleh kekuatan fisik, kekuatan perasaan.
Sudah cukup.
Kini tak penting lagi untuk dipedulikan.

Hei, lihat!
Tolong lihat dunia ini.
Masih begitu indah untukmu.
Nikmat Tuhan yang bagaimana lagi yang kamu cari?
Kasih sayang Tuhan terlalu besar dibanding kesalahan-kesalahanmu.

Entah angin apa yang merasuki pikiranmu.
Kembali.
Untuk hanya dirinya.
Sudahlah.
Menepis semuanya berarti siap untuk masuk ke kehidupan baru.

source: aoao2.deviantart.com

Hanya butuh orang yang teguh, tangguh.
Dan percaya akan janji Tuhan.
Akan ada kisah yang lebih baik dari kemarin.

Di penghujung tahun ini, biarkan kenangan itu menjadi debu yang terbang tertiup angin.
Tak berbekas, tak berjejak.

*Smoga kamu baik-baik saja, kawan… Saya tahu, kamu pun sekarang mungkin lebih bahagia di sana. Syukurlah. ๐Ÿ™‚ Alhamdulillah.

Semoga Berjalan dengan Baik

Lama sudah saya tidak mengupdate tulisan-tulisan galau di blog saya. ๐Ÿ˜€

Iya. Lagi sibuk sama kampus dan ujian skripsi. Huhuhuhu… Menguras hati, readers. Tapi, tak apalah. Latihan untuk masa depan.

Baiklah. Sampai di sini dulu ya.

Maaf, belum bisa menulis dengan kisah-kasih yang tak jelas. Lagi blank… Hehehe… See you at my good posting. Ini mah gak bagus postingannya. ๐Ÿ˜€

Refrain – Saat Cinta Selalu Pulang

19072013(005)

Title: Refrain
Writer: Winna Efendi
Publisher: GagasMedia
Edition: XVII, 2013
Size: 13 x 19 cm
Page: vi + 318 pages
ISBN: 979-780-326-7

Refrain. This is about friendship and love story. This book tells about Nata and Niki that have made friend since they’re still childhood. Then, Annalise (Anna) who comes in their friendship when they are in senior high school. Nata, Niki, and Anna.

Nata that realizes something had changed to Niki. He is used to regard Niki as a boyish girl. But, when they’re in senior high school. It looks different. Niki becomes more beautiful. Yah, Niki’s beautiful. And Nata feels that he falls in love with Niki. But, Nata loves her in silence.

Niki is a cheerful girl. She who has a dream to be a cheerleader and wants to have her first love at first sight. Unfortunately, she chooses Oliver (the basketball team captain of SMU Pelita) than Nata because Nata is her friend, not more.

Meanwhile, there is Annalise (Anna). She is a child of the popular model, Vidia Rossa. She always moves from one school to another. Meet new friends and then leave them. That’s why, she doesn’t like to build friendship. But, when she meets Nata and Niki, she feels comfortable to have friendship relationship with them. And finally, she has to fall in love with Nata. Also, in silence.

How can they manage their feeling each other in order to keep their friendship? We can know that story in this book. Refrain.

It’s not a complicated story. The plot is easy to be understood. Fortunately, the end of this story is happy ending.

20072013(008)There are some quotes that I like to read them, such as:

1. We cannot force a feeling of someone to like us. We just can do to allow,ย  hope that he’s happy. (p.282)

2. Why it is so easy for someone to leave love for the sake of aspiration?…. Because love doesn’t want to hold out in heart of two people that do not want the same thing. Because if one of them doesn’t have an enough space for love, then love will go. (p.300)

3. There is no perfect friendship in this world. That there are only people who trying as much as possible to keep it. (back cover).

Refrain. When love always comes back. :’)

Dua Puluh Satu April

Tertanda tanggal dua puluh satu april dua ribu tiga belas. Bertepatan bersama hari Kartini. Selamat menjadi yang lebih baik. Banyak berdoa dan bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang Dia telah berikan kepada kamu. Semoga segala urusan kehidupannya disukseskan oleh Allah. Aamiin.

Kamu dan saya itu beda seminggu. ๐Ÿ˜€

Telah bertambah usia, semakin menjadikan bertambah matang pendewasaan pikiran kita kan? Sudah bisa menjadi lebih baik menentukan mana yang baik dan tidak baik. Atas segala hal yang kemarin, biarlah. Jadikan sebagai pelajaran hidup yang berarti.

Arti hadirmu juga sudah semakin tak berharap lagi. Karena kamu telah memutuskan juga jalan mana yang terpilih. Walaupun telah terpisah jarak dan waktu, saya berharap kehidupanmu akan menjadi lebih menyenangkan setelah ini.

Setiap doa kebaikan yang terpanjatkan dari orang-orang yang menyayangimu, Aamiinkanlah dan buatlah mereka tersenymu.

Tak boleh ada lagi sakit yang tercipta setelah ini. Biarkan binar-binar kegembiraan bergelimpahan di sekeliling orang-orang yang menyayangimu. Berusahalah agar mereka tidak menangis.

Entah kapan lagi saya harus menuliskan kalimat-kalimat doa untuk kebaikan bersama. Ketika saya telah memiliki sosok yang lain, mungkin tidak akan seperti ini jadinya.ย  Nanti. Mungkin saja. Mungkin. Sepertinya.

Ini waktu kelahiranmu di dunia. Berbahagialah. Dan berusaha membuat yang lain tertawa, senang, dan nyaman berada di dekatmu. Jadilah pribadi yang lebih baik. Semoga segala asa dan cinta yang kamu inginkan tercipta dengan segera atas ridho Allah.

Maaf, saya cuma bisa beretorika untuk hari indahmu ini. Iya, di sini. Di blog pribadi saya. Semoga kamu membacanya. ๐Ÿ™‚ Semoga ini menjadi salah satu hal yang dapat membawamu menjadi pribadi yang sukses. Sukses untuk kita semua.ย Aamiin.

FauLt (My Love Poem); BackSound: California King Bed – Rihanna. Listen It!!! :)

Yah. I get inspiration to record my voice by reading my poem FAULT and using backsound (instrumental) from California King Bed – Rihanna because I’m joining GiveAway from Kak Achmad Fauzan in deidesuriya.blogspot.com. Hehehe. Besides that, Because of my friends (Iin, Hakim and EYink). They introduced that song to me. ๐Ÿ˜€

Eventhough my voice isn’t too good, but I can read the poem at least. ๐Ÿ˜€ Don’t listen it if you’re bored with my voice. ๐Ÿ˜€

Actually, this desire has been long time on my mind but the chance is always not on me. So, this project just as an empty dream. Maybe, before you listen my bad voice, you SHOULD know how I recorded my voice. ๐Ÿ˜€

google.com

Yup. This afternoon, I purposely went to Keraton Fortress to find a peace place, besides my house. A place where I can express my self with the poem. In fact, I felt it’s difficult to get a quiet place. There were many vehicles on the side of the road, they passed by and I’m sure you know the sound of vehicle is annoying when we want to find the best place for the peace. ๐Ÿ˜€

After trying to express the poem with my style – how I read, how I said – with the condition was noisy, I’s sincere and I felt satisfied enough. It’s enough. Then, I went home, I edited the recording of my voice and the instrumental of CKB from Rihanna. Edited, edited, edited, then DONE…!!!

I hope you can enjoy with the standard quality of my voice… ๐Ÿ™‚

Please download here:

http://www.4shared.com/mp3/-t5WWJOk/Ning_Little_Syafitri_in_FAULT.html

A Junk Writing (Dream and Achieve It)

Alone in an internet cafe. No friend. Killing the time to wait something that be being downloaded. Yups. It’s hot. No AC, just a fan. But, it’s OK.

I think this is just the junk writing. Maybe from now I must write in English. That’s a suggestion from my lecturer, Miss. Nani Cahyani. She said that this activity (writing on blog by using English) can help you when you continue your study later and can expand your network (everybody can read the writing, not only Indonesian, but also Western people). That’s true. And I think, I can do. I believe with my dreams. I can achieve. Yup. Allah, bless me please. Aamiin.

google.com

Talking more about past, present and future with her, I feel that NOTHING is IMPOSSIBLE. We can reach what we want. Of course, we must work harder, never give up, keep learning. Hmmm… Saying is easy, and doing is hard. ๐Ÿ˜€ But, I believe, I CAN!!! Mangatseeee!!!

FlashBack Masa Muda (Banget) di FB

Selamat. Selamat pagi, readers. ๐Ÿ™‚
Semoga hari ini menyenangkan. Aamiin.

Saya mau cerita. Tentang masa muda tahun 2009. ๐Ÿ˜€
Betapa ababilnya saya. Saat itu saya masih duduk di bangku kelas 3 SMA, masa terakhir, menunggu pengumuman kelulusan.

Sempat melihat tanggal pertama kali buat akun Facebook. That’s 3 April 2009, Tuesday. ๐Ÿ˜€ Kalau bicara tentang status Facebook, gak usah dibahas. Dominan tentang Pelajaran, Pengumuman, Saat-saat jadi maba, dan Cidaha. ๐Ÿ˜€
Kalau pelajaran, gak usah dikomentari kali ya. Betapa optimisnya saya pada saat itu tentang masa depan. Mungkin terlalu yakin akan kemampuan saya pada saat itu tanpa memperdulikan yang akan terjadi di sekeliling saya jikalau tidak sesuai rencana. Tiada hari SEMANGAT terus untuk menjalani hidup. Saya ceria di dalam status itu. Yah, seperti anak remaja pada umumnya. Masih polos. *Tjiah, belaga polos lebih tepatnya. Tapi, bukan berarti sekarang saya gak optimis ya. Bukan. Masalahnya, sekarang sudah berbeda. BERBEDA. Hehehe. Bukan main ini hidup dih? Dinamika belae… ๐Ÿ˜€ *logat Baubau. Tapi, walaupun sekarang berbeda keadaannya, harus tetap OPTIMIS kalau Nining itu bisa menjadi yang baik bagi diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Aamiin ya Rabb. ๐Ÿ˜‰

Di status FB saya dulu (2009), tema Cinta Dalam Hati. Hahaha. Maklum, cuma pintar mendam-mendam. Nda berani ngungkapin. Karena sadar diri kali ya. Siapa sih saya saat itu? Gak ada apa-apanya di banding yang lain. Mereka lebih perfect dari saya. ๐Ÿ˜€ Dan akhirnya saya terperangkap dalam dunia yang dibuat sendiri. Bermain-main sendiri di dunia sendiri dengan aturan yang dibuat sendiri. Dulu, masalah cinta adalah masih menjadi hal yang sepeleh untuk disikapi. Semuanya serba ditanggapi, tapi gak terlalu serius amat. Tapi, sekarang. Sekarang, hampir sebagian besar mendominasi. Mungkin ini juga pengaruh bertambahnya umur seseorang. Pernah baca di buku, katanya memasuki umur 20-an yang dipikirkan itu sebagian besar CINTA dan PEKERJAAN. Nah loh. Emang benar sih. Hihihi. Nda terasa. Cinta ituuuu hampir bisa buat menguras hati. Hahaha. Tapi, saya tetap berusaha untuk menyeimbangkan segala aspek. CITA-CITA dan CINTA. Yah. Harus berjalan seimbang. Semoga saya bisa menyeimbangkannya.

Aduh, ajang curhat lagi nih di artikel kali ini. Maaf ya, readers. Cuma mau sharing aja. ๐Ÿ˜€ Sapatau bisa diajak berbagi tentang kondisi masing-masing. Yang pada akhirnya, seiring berjalannya waktu, MANUSIA itu BERUBAH. Menjadi lebih baik. Aamiin. ๐Ÿ™‚
Masih ingat tentang kisah-kisah cidaha dan prestasi masa SMA. Moment-moment yang masih mau saya ulangi lagi. Kemarin itu indah sekali. Walaupun semuanya serba DIAM. Lucccuuuu… >.<

Dulu (2009) = 18 tahun.
Sekarang (2012) = 21 tahun.
Tahun depan (2013) = 22 tahun (insya Allah).
Umur semakin bertambah. Semakin tua. Dan semoga pikiran juga semakin dewasa hingga bisa membawa kita ke kehidupan yang lebih baik. Aamiin.

Sebuah dinamika.
Membawa perubahan bagi siapa saja yang mau move on.
Kita tak bisa terus berdiri di tempat yang sama.
Tanpa tindakan berarti yang bisa membawa kita ke kehidupan yang lebih baik.
Karena kita menginginkan hal itu, bukan?
Pahit manis kehidupan ini pasti akan dijalani oleh setiap individu.
Kebahagiaan, kesedihan, penyesalan, kegembiraan, kekesalan.
Tak akan dirasa kalau kita akan melewatinya.
Sendiri ataupun bersamanya.
Tapi Allah akan selalu ada di samping kita.
Terus menemani selama kita mau berada di jalanNya. Insya Allah.

Kemarin.
Masa muda yang paling indah.
Tahun 2009 yang lalu. Saat-saat kepolosan saya. ๐Ÿ˜€
Rumah – sekolah – rumah.
Masih belum tahu banyak tentang dunia luar itu seperti apa.
Penuh kewaspadaan. Hati-hati. Banyak yang mengintai.
Saya sayang kedua orang tua saya.
Saya sayang mereka. Mereka keluarga kecil saya.
Saya akan berusaha menjadi anak baik.
Harus membuat mereka bahagia. Dapat bersyukur sama Allah kalau mereka beruntung memiliki anak seperti saya.
Allah, tolong kabulkan doa saya.
Saya mau buat mereka bahagia. ย T___T
Aamiin. *Ya Allah, teguhkan imanku untuk tetap berada di jalanMu.

SEMANGAT MERAIH SUKSES!!! TALK LESS DO MORE.
*Cerewetmu Nining e, bisanya itu TALK LESS.
N: Let’s see palenk e… HMB saya…!!! ๐Ÿ˜€

Happy Anniversary for My First Post

Postingan kali ini seharusnya dipublish tanggal 9 Juli 2011 kemarin. Mengapa? Karena pada tanggal tersebut merupakan postingan pertama Nining di blog ini. Walaupun memang postingannya bukan berasal dari buah pikiran Nining, akan tetapi dari sahabat tercinta Ning, Raghil. Ora opo-opo. ๐Ÿ™‚

Postingan pertama tentang puisi cinta, Love is Blind.

Tahun 2009 kemarin. Dua tahun lalu.
Selama dua tahun Ning telah bergelut di dunia perbloggingan. Dengan segala cerita yang ada di dalam blog ini.
Selama dua tahun juga, blog ini telah menemani perjalanan hidup Nining. Tidak akan menyangka selama dua tahun ini Ning telah memposting 267 artikel yang dibaca oleh orang yang Ning juga tidak tahu siapa mereka. Terima kasih kepada para pembaca blog Nining.

Hari ini pengunjung di blog Nining sudah mencapai sekitar 20.000-an pembaca. Angka yang cukup excited.

Terima kasih kepada pembaca dan pengunjung blog Nining. Terima kasih banyak.
Semoga ke depannya Ning bisa menuliskan lagi artikel-artikel yang dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin. ๐Ÿ™‚

*Buat blog Nining, maaf telat memposting artikel ini ya. ๐Ÿ˜ฅ
Love youuuuu, My Blog… ๐Ÿ™‚